Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bandung Kota Artistik

Bila kita membicarakan Kota Bandung, tidak akan cukup membahasnya hanya dalam sehari. Kota Bandung yang memiliki nilai bersejarah tinggi ini merupakan salah satu Kota bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah peninggalan kolonial Walanda.

Terlebih untuk wisatawan mancanagara yang ingin mengetahui nilai sejarah yang diketahuinya dari pendahulu mereka. Banyak bangunan bersejarah yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan seperti Gedung Merdeka yang dulu disebut Concordia, Villa Isola, Hotel Savoy Homan, dan beberapa gedung di sepanjang Jalan Braga.

Terkadang para wisatawan ini mengabadikannya dalam bentuk foto, baik bersama pasangan maupun keluarganya. Namun apakah para wisatawan mengetahui seni artistik berupa patung-patung bersejarah di Kota Bandung? Seperti patung Pastor H.O. Verbraak S.J. di area Taman Maluku. Ini salah satu patung tertua di Kota Bandung yang dibangun tahun 1922. Patung tersebut dibangun guna mengenang jasa Pastor Belanda tersebut karena sifatnya yang manusiawi tanpa memandang suku bangsa. Karena sifatnya ini, kawan atau lawan sangat segan. Apalagi, Verbraak bekas Panglima Tentara Belanda.

Seiring berjalannya waktu, Pemerintah Kota Bandung juga membangun beberapa patung baru seperti patung Sepakbola di Jalan Lembong, patung Laskar Wanita di Jalan Kebon Kawung, patung ikan di Jalan Moch Ramdan. Bahkan dibangun pula Tugu Bandung Lautan Api di area lapangan Tegalega, untuk mengingatkan adanya peristiwa heroik Bandung Lautan Api.

Patung serta bangunan tersebut kini mewarnai keindahan Kota Bandung. Wisatawan lokal hingga mancanagara kini bisa menikmati betapa besarnya nilai sejarah di Kota Kenangan ini. Selain itu, beberapa polesan seni kreatif anak muda Bandung pun terkadang menghiasi beberapa tempat di jalan-jalan utama dengan hasil kreativitasnya, seperti di Jalan Braga, Jalan Asia-Afrika, dan Jalan Ir. H. Juanda (Dago). Semboyan Bandung Emerging Creative City yang berada di pelataran salah satu bank swasta di kawasan Dago, suatu bukti, orang Bandung terkenal dengan ide-ide kreatifnya. 

Post a Comment for "Bandung Kota Artistik"