Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Sisi Lain dari Sejarah Bandung Lautan Api

Orang bandung tentunya sudah menganal sebutan Bandung Lautan Api. Ya Bandung lautan api merukan sebuah peristiwa bersejarah yang terjadi di bandung pada zaman penjajahan dulu. Ada cerita menarik dari sejarah Bandung lautan api ini. Ada sisi lain dari terjadinya peristiwa tersebut dimana ada cerita lainnya dari Kota Bandung ini.

Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api, merupakan monumen yang menjadi markah tanah Bandung. Monumen ini setinggi 45 meter, memiliki sisi sebanyak 9 bidang. Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha.

Monumen ini berada di tengah-tengah kota yaitu terletak di kawasan Lapangan Tegallega. Monumen ini menjadi salah satu monumen terkenal di Bandung. Monumen ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 23 Maret mengenang peristiwa Bandung Lautan Api.


Tempat bersejarah di Kota Bandung, udaranya sejuk karena disekitar monumen terdapat pepohonan yang ditanam oleh perwakilan delegasi berbagai negara, saat weekdays banyak yang senam dan jogging disini,saat weekends lebih ramai lagi krn byk jajanan&bs belanja dari kebutuhan anak,peralatan rumah tangga,fashion sampai kuliner..saat ini dibbrp tempatnya msh dalam renovasi mudah2an segera selesai.

Sejak dulu tempat ini sudah mengalami berbagai transformasi , tempat yang teduh , adem meski berada di tengah kota , cocok untuk sekedar menyegarkan mata dengan pohon2nya ,  dan saat ini saya rasa , Tegallega sedang dalam wajah terbaiknya , namun sayang , hingga akhir tahun 2018 , taman Tegallega yang sudah direnovasi belum juga dibuka untuk umum , saya harap , tahun depan , masyarakat umum sudah dapat menikmati berbagai fitur baru di taman ini ,,

Monumen Bandung Lautan Api kini tampil dengan wajah baru. Sebelumnya disekitar lokasi banyak ditemukan gelandangan yang berkeliaran dianana. Bahkan banyak yg menetap di sekitar lokasi.


Namun, pernahkah Anda mendengar istilah “Bandung Lautan Air”? Ternyata Bandung tidak hanya pernah jadi "Lautan Api” lho... seperti yang terjadi tahun 1946. Dahulu kala yaitu jutaan tahun yang lalu Dataran Tinggi Bangung pernah terbenam lautan air. Ya...! Air laut yang sesungguhnya.

Kejadiannya yaitu 15 sampai 20 juta tahun yang lalu di jaman yang disebut Jaman Miosen. Sebenarnya bukan hanya Dataran Tinggi Bandung saja yang berada di bawah permukaan laut. Bahkan daratan Pulau Jawa pada jaman itu pun umumnya masih terbenam lautan.

Post a Comment for "Sisi Lain dari Sejarah Bandung Lautan Api"