Pengalaman Seru Pendakian Gunung Cikuray

Gunung cikuray adalah gunung yang berada di kabupaten Garut provinsi Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 2000...

Gunung cikuray adalah gunung yang berada di kabupaten Garut provinsi Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 2000 meter diatas permukaan laut (MDPL), gunung tertinggi ke 3 di Jawa Barat setelah gunung Pangrango yang berada di jalan raya Cibodas Cipanas-Cianjur propinsi Jawa Barat di gunung Cikuray merupakan gunung yang sering didaki bagi para pecinta alam terutama bagi para pecinta alam yang berada di kabupaten Garut. Bila sobat adventure tidak tahu yang mana gunung cikuray, nah bila nanti sobat adventure main ke Garut coba deh lihat kesebelah selatan kota Garut!! nah disebelah selatan pasti ada gunung yang menjulang paling tinggi dan paling besar, nah itulah gunung Cikuray.


Pada tahun 2005 aku melakukan pendakian ke Gunung Cikuray, tapi tanggal dan harinya lupa lagi tuh maklumlah,,,he he, udah lama, tapi yang jelas dua hari setelah hari raya Idul Fitri. Waktu itu aku melakuan pendakian bersama pecinta alam dari garut yaitu dari perhimpunan "PAGAR" (Pecinta Alam Garut), ini pengalaman pertama saya sobat, mendaki gunung bersama dengan para pecinta alam meskipun sebelumnya aku sudah sering mendaki gunung.

Jalur pendakian menuju Gunung Cikuray ada dua jalur, satu jalur utama yang sering digunakan dan yang satunya lagi jalur yang jarang digunakan yaitu melalui Ci Gedug Bayongbong Garut. Pada saat itu kita memutuskan untuk melakukan pendakian dengan mengunakan jalur utama yaitu melalui daerah Cilawu. Jalur ini dimulai dari jalan pemukiman warga dan perkebunan sayuran, ditengah perjalanannya ada perkebunan teh yang cukup luas, ya pokoknya sejauh mata memandang kita bisa melihat hamparan perkebun teh yang sangat luas, hijau dan indah. Perjalanan dimulai pada sore hari kalau tidak salah waktu itu jam setengah empat atau ba'da ashar waktu setempat. Pada saat itu saya dan kawan-kawan kemalaman di jalan jadi tidak bisa melihat kebun teh yang hijau, ya maklum namanya juga malam pasti gelap heee..... Kurang lebih satu jam perjalanan kita sampai ditempat camp yang pertama yaitu di PEMANCAR STASIUN TELEVISI. Di Pemancar kita memutuskan untuk mendirikan tenda dan melanjutkan perjalanan besok pagi, sayang cuaca dikawasan pemancar tidak mendukung euy karena udaranya sangat dingin jadi we katirisan, nah bagi sobat adventure yang berniat ke Gunung Cikuray harus membawa jaket yang tebal karena kalau tidak, bisa kaya tikus kedinginan heeee..... karena waktu turun kabut cukup tebal dan ditambah turun hujan jadi aku tidak bisa melihat keindahan dan pemandangan kota Garut pada waktu malam hari,, akhh sayang banget sobat padahal waktu itu aku sangat ingin melihatntya, tapi tidak apa-apalah, mungkin di lain kesempatan!!!

Pagi harinya kita melanjutkan perjalan,, uuuiiichhh busssset capaek banget, jalanya cukup terjal ditambah beban dipundak yang cukup berat karena membawa peralatan dan perbekalan, pengen nangis jadinya huuucckhh.....lebay!!! untuk sampai puncak aku harus mengeluarkan tenaga super exstra, uchhh perjalanan yang sangat melelahkan. Tapi meskipun melelahkan aku tidak menyerah, aku tetap semangat dan berusaha untuk bisa sampai puncak lebih dulu, ya meskipun sering berhenti akibat kecapean. Perjalanan menuju puncak lumayan cukup jauh jadi lumayan banyak memakan waktu juga, jadi kita harus menghemat persedian air dan makanan yang kita bawa, karena di puncak tidak ada sumber air jadi di sarankan membawa air di tempat pengisian air terakhir yaitu di pemancar. Di tengah perjalan kita disuguhkan dengan track yang cukup sulit. Hampir setengah hari kita berjalan dan melakukan pendakian, perlahan namun pasti lankah kaki ku gerakan dan akhirnya smpai juga saya dan kawan-kawan di puncak gunung cikuray pada jam 7 malam ya walaupun terlambat karena sering berhenti dan kemalaman di jalan tapi setidaknya kami semua selamat sampai tujuan.

Sesampainya dipuncak pandangan mata sayapun takjub melihat pemandangan yang begitu indah, meskipun pada waktu itu dalam keadaan malam hari, tapi karena cuaca lagi cerah pada waktu itu bulan purnama turut serta menerangi malam panjang di puncak gunung Cikuray, si bulan lagi terang-terngnya tuh,,,hheeee nah apabila cuaca lagi bagus, kita bisa melihat keseluruhan kota Garut dari ketinggian 2000 meter lebih, tak terbayang deh indahnya, hembusan angin yang besar bersa kaya di awan, kalau di rumah kita melihat awan itu ke atas nah pada waktu dipuncak gunung cikuray saya melihat awan tuh kebawah, si awan ada dibawah kaki kita, pokonya kelalahan dan perjuangan kita sekama seharian penuh tergantikan setelah sampai dipuncak, uuuccccccckkkhhh sungguh luar biasa ciptan tuhan yang maha esa, tidak ada yang bisa menandingi kebesaranya. Karena kelelahan akibat seharian berjalan, akhirnya kami mendirikan tenda dan i pagi hari kita bisa lebih jelas melihat keadaan di sekeliling gunung cikuray, udaranya pun sejuk dan segar, jauh dari polusi kota, udah gitu bunga edelweis atau yang kebih dikenal dengan sebutan bunga abadinya juga cukup lumayan banyak terhampar mengiasi setiap sudut-sudut di puncak Cikuray, pokonya indah dan gak bakaln nyesel deh bila sobat adventur ke puncak Cikuray....!!! nah.... bagi sobat yang ingin mendaki gunung, Gunung Cikuray bisa dijadikan altrnatif untuk berlibur, disamping keindahanya gak kalah dengan gunung lainya yang berada di indonesia. Selain itu jalurnya tidak terlalu suli, biayanya pun cukup murah, cukup deh untuk kantong perlajar seperti saya. Sayangnya aku tidak bisa lama-lama menikmati semua itu, karena kita harus beregegas pulang supaya tidak kemalaman dijalan.

Kita pun memutuskan untuk pulang melalui jalur kedua yaitu lewat jalur Cigedug Bayongbong, perjalan pulang terasa lebih lama, padahal beban sudah berkurang, ini disebabkan akibat kita kelelahan dan tenaga yang sudah habis terkuras akibat pendakian, aku berajalan ditengah rimbunnya pepohonan yamg masih terjaga kelesatariannya. Setelah melalui jalur ini kita akan melewati perkebunan sayuran milik warga setempat dan perkampungan sekitar kecamatan Bayongbong. Pada saat perjalanan pulang biasanya kecelakaan sering terjadi, penyebabnya adalah kelelahan jadi mengakibatkan konsentrasi terhadp jalan setapak jadi berkurang, hal ini juga yang bisa mengakibatkan banyak pendaki gunung tersesat, kehabisan makananpun salah satu faktor utama juga, nah bagi kalian yang mau melakukan pendakian kegunung harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang jangan sampai terjadi sesuatu hal yang dinginkan. OK!!!

COMMENTS

Link Banner
Name

Agen Iklan Aksesoris Mobil Alamat & Nomor Telepon Angkutan Barang Apotek Bank Bank BCA Bank BJB Bank BNI Bank BRI Bank CIMB Niaga Bank Danamaon Bank Mandiri Bank Mega Bank OCBC NISP Bengkel Daihatsu Bengkel Elektronik Bengkel Mobil Bengkel Mobil Suzuki Bengkel Motor Bengkel Motor Honda Bengkel Toyota Butik Catering Dakota Dealer Motor Yamaha Departemen Store Distibutor Komputer Distributor Makanan Distro Distro Kemeja Expedisi Udara Factory Outlet Fashion Food Game Garmen Gaya Hidup Gunung Gunung Guntur Hijab Hotel & Penginapan Importir Bandung Info Wisata J&T Express Jasa Pengiriman JNE KAntor Perusahaan Kemeja Kesehatan Klinik Kode POS Komputer Konveksi Kuliner Lembang Losmen Mesin Industri Mini Market Musik Olahraga Oleh-Oleh. Kuliner Otomotif Pabrik Pegadaian Pendidikan Penjahit Tailor Percetakan POS Rumah Makan & Restoran Rumah Sakit Salon Kecantikan Sejarah Seputar Bandung Service Komputer SiCepat Studio Foto Tempat Fitness Tempat Futsal Tempat Karaoke Tempat Les Privat Dan Bimbingan Belajar Textil TIKI Tips Toko Alat Kesehatan Toko Buku Toko Komputer Toko Mebel Toko Sepatu Toko Tas Toko Walayan Tour & Travel Universitas Wastern Union Wisata Garut
false
ltr
item
Info Bandung: Pengalaman Seru Pendakian Gunung Cikuray
Pengalaman Seru Pendakian Gunung Cikuray
https://4.bp.blogspot.com/-7Vfcu_TQQ0Y/VCZsnID_HtI/AAAAAAAAANs/qHig_Q8Ijns/s1600/Gunung%2BCikuray.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-7Vfcu_TQQ0Y/VCZsnID_HtI/AAAAAAAAANs/qHig_Q8Ijns/s72-c/Gunung%2BCikuray.jpg
Info Bandung
http://kucingputeh.blogspot.com/2018/03/pengalaman-seru-pendakian-gunung-cikuray.html
http://kucingputeh.blogspot.com/
http://kucingputeh.blogspot.com/
http://kucingputeh.blogspot.com/2018/03/pengalaman-seru-pendakian-gunung-cikuray.html
true
555325123990558858
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy