Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pesona Keunikan Wisata Tiga Kabupaten, Taman Buru Kareumbi #Garut Bandung Sumedang

Pesona keunikan wisata yang ada di tiga kabupaten itu adalah Taman Buru Kareumbi Masigit. Kawasan  ini memiliki luas 12.420,70 hektar. Yang paling unik dari tempat ini yaitu terletak pada area yang menjadi kewenangan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut. Tempat Parkir dan pintu masuk ada di Kabupaten Bandung, Penangkaran rusa dan rumah rusa ada di Kabupaten Sumedang sedangkan rumah pohon dan camping ground ada di wilayah Kabupaten Garut dan hampir sebagian besar area berada di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut.
Nama Masigit diambil dari Pasir Masigit yang terletak di sebelah timur kawasan. Sedangkan Kareumbi berasal dari gunung Kareumbi di sebelah barat kawasan. Kareumbi juga nampaknya diambil dari nama sebuah pohon, yaitu pohon Kareumbi (Homalanthus populneus) yang semestinya dahulu banyak terdapat di gunung tersebut.

Pintu masuk utama menuju lokasi yang sudah dikelola oleh Manajemen adalah yang melalui Cicalengka. Lokasi pintunya disebut “KW” yang merupakan singkatan dari “Kawasan Wisata“. Pintu ini terletak di Kampung Leuwiliang, Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

KW dapat dicapai lebih kurang 14km dari kota Cicalengka, atau sekitar 90 menit berkendara dari Bandung. Jarak dari pintu tol. Jarak dari Tol Pasteur sampai KW kurang lebih 62 kilometer.
Kawasan Masigit-Kareumbi ini memiliki jenis flora dan fauna yang beragam. Selain dapat bercamping maupun melakukan pendakian ke puncak Gunung.Masigit, kita juga dapat menikmati curug yang berada sebelum pintu masuk KW yaitu Curug Cinulang.

Ada beberapa penginapan yang bisa sobat pilih di kawasan yang menjadi tempat shooting film Lima Elang ini yaitu rumah pohon, rumah rusa atau campaing ground yang terdiri dairi Camping groun A,B,dan C. Di TMBK juga terdapat beberapa fasilitas lainnya yaitu tempat parkir yang cukup luas, tempat penitipan helm, aula. mhusola, kantin dan temapat penyawaan alat perkemahan dan cinderamata.

Banyak hal yang akan dapatkan jika mengunjungi tempat ini. Selain bisa menikmata udara pegunungan yang sejuk, disini kita juga dapat berwisata sekaligus melestarikan lingkungan tentunya dengan menanam pohon yang disebut Wali Pohon. Selain itu sobat juga bisa berwisata sambil belajar karena  di Taman buru Gunung Masigit Kareumbi memiliki beberapa program kegiatan pendidikan dan latihan dialam terbuka seperti: Ekowisata, Penangkaran dan Perburuan, Litbang dan Pemberdayaan manajemen dan pengelolaan konservasi Masigit Kareumbi. Slogan dalam konsep wali pohon di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi 'Menanam satu persatu dengan tanganku dan tanganmu karena satu pohon sangat berharga bagi kehidupan yang akan datang.'

Meski berada di tiga kabupaten, akan tetapi jika dibandingan tentang keindahan alam dan banyaknya tempat wisata, Kabupaten Garut jawaranya. Yups Garut seperti surganya wisata di tanah bumi priamgan timur. Pesona Garrut dengan keindahan wisata lamnya menjadikan kota yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.










1 comment for "Pesona Keunikan Wisata Tiga Kabupaten, Taman Buru Kareumbi #Garut Bandung Sumedang"

  1. Kawasan wisata masigit kareumbi emang bagus buat refreshing. Tenang, adem, hening. bisa juga buat meditasi. Salam kenal! Salam silaturahmi. Ditunggu kunjungannya di kumpulan artikel ane. terima ksih

    ReplyDelete